Sunday, February 15, 2015

5 Cara Membersihkan Karang Gigi Yang Efektif

Cara Membersihkan Karang Gigi - Kesehatan menjadi hal yang harus dijadikan prioritas. Tanpa kesehatan, maka segala yang kita miliki tidak bisa memberikan rasa senang dan nyaman pada diri kita. Salah satu kesehatan yang sering kita abaikan namun memberi dampak buruk baik pada penampilan dan tubuh kita yaitu kesehatan gigi.

Gigi yang sehat tentu memiliki tekstur dan juga bentuk yang bagus. Salah satu yang merusak penampilan gigi yaitu karang gigi. Karang gigi adalah sejenis lapisan pada sisi luar gigi yang diakibatkan oleh menempelnya sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan pada gigi. Lalu bagaimana cara membersihkan karang gigi yang efektif? Beberapa hal di bawah ini bisa jadi panduan untuk Anda :

Cara Membersihkan Karang Gigi

1.    Sikatlah gigi dengan teratur


Cara membersihkan karang gigi dengan cara yang satu ini sudah pasti akan selalu dilakukan setiap harinya, namun jarang sekali orang yang melakukannya dengan benar. Cara yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan secara perlahan-lahan setiap bagian dari gigi. Lakukan gerakan menyerupai bulatan baik untuk sisi luar atau juga sisi dalam gigi. Gunakan sikat gigi yang nyaman di mulut. Pastikan juga bulu-bulu sikat gigi tidak terlalu tajam. Hal ini akan berakibat luka pada gusi. jika sudah terluka, bisa menjadi salah satu sebab gigi Anda menjadi berkarang. 

2.    Gunakan bubuk biji sawak


Beberapa orang belum mengetahui apa kegunaan biji sawak. Ternyata biji sawak bisa berguna untuk membersihan karang yang ada pada gigi. Cara membersihkan karang gigi dengan biji sawak ini yaitu dengan menumbuk atau memblender biji sawak sehingga menjadi halus. Setelah itu, tempelkan dan gosok perlahan-lahan pada karang gigi dengan menggunakan sikat kecil atau bisa juga dengan menggunakan kapas. Cara ini harus dilakukan secara terus menerus.  

3.    Berkumur dengan cengkeh atau daun sirih


Selain harum, cengkeh dan daun sirih bisa menjadi anti bakteri bagi daerah dalam mulut. Bakteri yang menjadi awal dari terjadinya karang gigi bisa hilang dengan ekstrak cengkeh atau daun sirih. Caranya yaitu dengan menumbuk halus cengkeh atau daun sirih tersebut kemudian tambahkan air secukupnya dan kumurkan dengan rutin. Lakukan cara membersihkan karang gigi ini saat akan tidur dan sesudah bangun tidur.

4.    Hindari konsumsi gula dan tepung yang berlebihan


Bagi sebagian orang, mengonsumsi gula merupakan kebiasaan mereka yang tidak bisa dilepaskan. Jenis konsumsi gula tersebut antara lain seperti sering meminum teh manis, kopi, dan juga kue-kue yang manis. Tepung juga memiliki sifat menempel pada gigi, sehingga menjadi sebab terjadinya karang gigi. Cara menghilangkan karang gigi dengan menghindari gula dan tepung adalah cara yang efektif lainnya.

5.    Menggunakan baking soda


Cara menghilangkan karang gigi bisa dilakukan juga dengan menggunakan baking soda yang ditempel dan digosok secara perlahan ke gigi yang terkena karang gigi.

5 cara membersihkan karang gigi tersebut adalah sebagian yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa berguna bagi Anda yang memiliki masalah tersebut.