Wednesday, February 18, 2015

Pola Hidup Salah Sebagai Penyebab Karang Gigi

Penyebab Karang Gigi - Siapa yang tidak ingin hidup sehat? Semua orang menginginkan hidup yang selalu sehat karena kesehatan adalah hal yang sering diremehkan namun berdampak besar jika sudah tidak dirawat. Karang gigi adalah salah satu yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini. Ada beberapa penyebab karang gigi yang menimpa diri seseorang. Namun jika disimpulkan ternyata dapat dikatakan bahwa pola hidup yang buruk menjadi sebab terjadinya karang pada gigi.

Penyebab Karang Gigi

Pola hidup yang bisa menjadi penyebab karang gigi adalah sebagai berikut :

1.    Pola makan yang salah
Manusia membutuhkan makan untuk bisa bertahan hidup. Pola makan yang salah justru bisa merusak kesehatan dan juga merusak gigi. Pola makan seseorang yang suka makan makanan yang berbahan tepung dan gula berpengaruh besar terhadap karang pada giginya.

Penyebab karang gigi yang satu ini sangat berbahaya. Hal ini menimpa kebanyakan anak-anak yang suka dengan makanan yang manis seperti permen atau juga kue-kue manis. Anak-anak juga enggan melakukan perawatan seperti sikat gigi. Oleh sebab dampak buruknya bisa bertambah besar, maka Anda sebaiknya menjaga pola makan agar lebih sehat dan tidak mengakibatkan karang pada gigi yang bisa menjadikan penampilan Anda menjadi buruk.

2.    Pola kesehatan gigi yang tidak rutin
kebanyakan orang enggan untuk melakukan perawatan gigi secara teratur. mereka akan membiarkan hal tersebut karena belum berdampak sakit pada gigi mereka. Sikat gigi yang tidak teratur menjadi salah satu penyebab karang gigi yang serius.

Jika Anda suka makan dan langsung tidur tanpa melakukan sikat gigi secara terus menerus, jangan heran jika gigi Anda akan berkarang bahkan bolong. kebiasaan sikat gigi sesudah makan juga harus dibiasakan. Banyak yang bilang bahwa mereka pasti akan memakan makanan lagi sehingga tidak perlu melakukan hal tersebut. Justru hal tersebut menjadi pertahanan agar karang gigi tidak semakin  parah. Oleh karena itu sikat gigi yang teratur merupakan benteng pertahanan yang kuat penyebab karang gigi.

3.    Pola perawatan klinis yang jarang
Sudah sejatinya apabila kesehatan harus dijaga. Seseorang tidak bisa sendirian untuk menjaga hal tersebut. Ia memerlukan seorang dokter untuk ikut membantu merawat kesehatannya. Begitu pula dengan kesehatan gigi. Seseorang butuh dokter kesehatan gigi untuk hal itu.

Biasanya jarak waktu untuk merawat gigi ke dokter yaitu sekitar 6 bulan sekali. Namun jika ingin lebih dari itu, justru lebih baik. Anak-anak ataupun orang dewasa menganggap dokter gigi menjadi suatu yang menakutkan. Itulah yang menjadi salah satu penyebab karang gigi tidak terlewatkan oleh  siapapun.

Dengan demikian, memang sudah terbukti bahwa berbagai pola hidup yang salah bisa menjadi penyebab karang gigi. Untuk itu Seseorang harus memperbaiki pola hidup terhadap kesehatan giginya. Jangan sampai menyesal dan tidak bisa memperbaiki keadaan tersebut. Tentu menjadi sebuah kerugian yang besar nantinya jika hal tersebut terus dibiarkan hingga menjadi parah. Mari kita rawat kesehatan gigi kita sejak dini.