Wednesday, February 18, 2015

Definisi Karang Gigi Dan Penyebabnya

Karang gigi adalah suatu keadaan dimana kandungan garam dan air liur yang bercampur dengan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Hal tersebut jika dilihat sepintas mungkin tidak menjadi suatu hal yang buruk, akan tetapi jika terus menerus terjadi maka kondisi tersebut akan semakin parah.

Karang gigi yang awalnya hanya seperti noda kuning pada sisi dekat gusi, berubah menjadi noda yang kecoklatan bahkan menghitam. Noda tersebut sungguh sangat mengganggu penampilan seseorang yang ingin tampil baik. Hal itu juga selain merusak penampilan, bisa juga mengakibatkan kondisi kesehatan gigi berkurang. Karang yang didiamkan dalam kurun waktu yang lama bisa mengakibatkan terjadinya lubang di gigi . Jika sudah begitu, tentu lubang tersebut akan mengakibatkan rasa sakit. Anda pun tidak bisa melakukan aktivitas anda seperti makan, mengobrol atau yang lainnya jika mengalaminya.

Karang Gigi

Ada beberapa sebab timbulnya karang gigi. Berikut ini adalah beberapa ulasannya :


1.    Jarang gosok gigi

Kebiasaan yang satu ini sudah mengakar di masyarakat. mereka menganggap bahwa menyikat gigi merupakan kegiatan yang tidak terlalu penting. Pola pikir semacam itu menyebar ke anak-anak mereka dan jika tidak ditangani dengan tepat dapat menimbulkan berbagai penyakit pada daerah dalam mulut mereka.

Kebiasaan yang menyebabkan karang gigi adalah tidak menggosok gigi ketika akan hendak tidur dan sesudah makan makan. Kedua waktu tersebut merupakan waktu yang penting. Selama anda tidur, mulut akan melakukan proses kimiawinya dengan cepat sehingga jika masih ada sisa makanan yang menempel, maka dengan cepat gigi akan mengalami proses penutupan dan perekatan oleh sisa makanan tersebut.

2.    Suka mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung

Setiap orang suka atau sering makan makanan yang mengandung gula dan juga tepung. Kedua bahan makanan tersebut kadang menjadi bahan pokok pada beberapa makanan seperti kue atau yang lainnya. Karang gigi lebih cepat terjadi jika seseorang suka mengkonsumsi gula dan tepung tersebut.

Meski kedua bahan tersebut nikmat untuk dimakan, tapi daya rekat yang kuat pada gigi membuat gigi bisa berkarang. Anda harus sering menyikat gigi jika sering memakan kedua bahan tersebut.

3.    Sering minum teh manis atau kopi

Teh dan juga kopi adalah minuman yang sering di konsumsi setelah air putih. Teh manis adalah suatu minuman yang disukai oleh setiap kalangan, baik itu tua, muda, laki-laki ataupun perempuan. Efek teh yang dirasakan pada tubuh memang memberikan kesehatan. Akan tetapi gula yang ditambah pada teh tersebut yang justru merusak gigi dan menyebabkan karang gigi.

Kopi juga merupakan minuman yang bisa menyisakan zatnya pada gigi. Seringnya seseorang mengkonsumsi kopi akan berakibat giginya menjadi kuning dan lambat laut gigi pun berkarang.

Melalui penjelasan atau definisi dari karang gigi dan juga hal yang bisa menyebabkannya, semoga bisa menambah ilmu Anda mengenai kesehatan terutama gigi. jangan biarkan sesuatu yang kita pandang kecil ternyata memberi dampak yang besar nantinya. Hindari sebisa mungkin dan atur pola hidup Anda.